Akrab Dengan TOGA Untuk Obat Dan Bumbu Masak Keluarga

Bismillahirrahmaanirrahiim,  atau Tanaman Obat keluarga sudah menjadi bagian dari kultur warisan leluhur yang tetap luhur hingga sekarang.  tak hanya powerfull untuk obat tradional yang cocok dan aman bagi semua anggota keluarga. Di era sekarang, kalau masih ada orang yang bilang gak kenal jamu atau asing dengan dengan minuman tradisional berkhasiat kesehatan tersebut, sepertinya kok aneh bin ajaib ya? 

Seiring dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan serangkaian penemuan serta pembuktian ilmiah bahwa kandungan yang terdapat pada ramuan yang disebut Jamu Tradisional ternyata memang terdapat senyawa yang bermanfaat secara farmakologi, sehingga secara significant level image jamu pun  naik daun. 
Apotek hidup
Apotek Hidup ditanam secara Tumpang sari 
(pekarangan Rumah Ortu)
Berkaitan dengan topik Manfaat Tanaman Obat untuk Bumbu masak di rumah sendiri dan lingkungan/tetangga, juga merupakan Apotik Hidup/Warung Hidup bisa diberdayakan sebagai obat yang mudah, murah, cepat dan mujarab. 

Mengacu dari pengalaman yang sudah terekam dalam kenangan indah ortu saya tentang jenis-jenis ramuan yang terbukti nyata berkhasiat bisa untuk mengobati beberapa jenis penyakit, maka saat ada anaknya yang sakit seperti demam, diare, cacingan, demam, kembung, dan masih banyak lagi lainnya, dengan sigap segera diramu obat yang diambilkan dari tetumbuhan yang ada di sekitar rumah.  Tak hanya sebagai obat, beberapa jenis ramuan jamu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pun sudah “disosialisasikan” oleh orang tua saya: seperti kunir asem atau sinom, beras kencur, temu lawak, jamu pahitan atau gepyok, jamu godhong, kudu laos, kumis kucing, serai. 

Beberapa jenis jamu yang spesifik untuk kaum wanita juga sebagian sudah saya akrabi sejak kecil. Maklum, dua kakak perempuan saya dulu termasuk yang didisiplinkan untuk minum jamu begitu sudah memasuki usia puber alias sudah haid. Kala itu ibu saya berujar katanya orang perempuan itu harus bisa merawat diri salah satunya dengan minum jamu. Saya ingat salah satu kebiasaan berjamu yang didoktrinkan kepada dua kakak saya adalah kalau habis haid itu wajib minum jamu, kadang beli jamu yang siap seduh atau meracik sendiri dari dedaunan dan umbi-umbian dari tanaman yang memiliki khasiatan jamu yang sudah ada di sekitar rumah. 
Tanaman Jarak yang kaya manfaat 
Bawang Putih Lanang
Saya juga sudah familiar dengan jamu pelancar ASI dan bersalin sejak masih SD gegara kakak saya ada yang melahirkan di rumah. Nah pasca persalinan, dia kan harus menjalani ritual minum jamu pelancar ASI juga ada sederet jamu yang minuman wajib bagi wanita habis melahirkan.  

Karena saya lahir dan besar di pedesaan dan sekarang pun masih tinggal di kawasan pedesaan, al hasil tanaman yang berkhasiat untuk obat tradisional dan bumbu masak di dapur masih saya temu sehari-hari. Penasaran, apa saja jenis TOGA yang ada di sekitar tempat tinggal saya kan? Taraaaa…..berikut ini sebagian jenis aneka hayati yang saya kenal Akrab Untuk Obat Tradisonal Dan Bumbu Masak:
Daun beluntas, pepaya gantung, senterewe, sirih hijau, sirih merah, Kunir kuning, kunyit putih, laos, kunci, sambiloto, daun katu, temugiring, lempuyang, jahe merah, jahe putih, temu lawak, kencur, sinom, tapak liman, kumis kucing, gingseng jawa, binahong, daun mata dewa, daun jambu, mengkudu (pace), jeruk nipis, dan sederet tanaman obat memang banyak di sekitar tempat kami di LA sana. 
Kalau gak ada di pekarangan sendiri, nyari saja di pekarangan tetangga biasanya dapat racikan jamu yang dibutuhkan. Tuh kan, betapa sedemikian ready stock raw material untuk membuat minuman jamu, baik sebagai pengobatan maupun untuk fungsi kesehatan yang tersebar di bumi Nusantara ini. Yang sudah saya kenal dan temui baru sebagian kecil, tidak ada 1% dari ribuan jenis tanaman obat yang ada negeri ini. 

Effect lain yang berkorelasi langsung dengan Lestarinya tanaman obat atau tetumbuhan apotik hidup adalah pelestarian lingkungan hidup karena aneka tetanaman yang menjadi bahan baku jamu tradisional Indonesia adalah tanaman obat yang pemanfaatannya berwawasan pelestarian alam sehingga bisa mengurangi dampak global warning saat ini dan selanjutnya. 

Wohohohoho…..hebatnya TOGA, bermanfaat untuk obat tradisioanl yang mujarab, bumbu masak yang maknyus, berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. 

Bagaimana menurut Anda, Apa saja multi manfaat keberadaan apotik hidup di sekitar kita?


0 comments:

Post a Comment

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.