Berguru dan Menimba Ilmu dari Acara Blogger

Komunits blogger memiliki posisi yang strategis, semakin diperhitungkan dan diprioritaskan untuk dilibatkan dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh banyak stake holder. Di kalangan internal blogger sendiri, juga sering dia adakan acara-acara blogger, kopdar, sharing dan acara-acara lainnya yang intinya sharing kaweruh dan pengalaman. Kalau secara online, sudah dari awal ngeblog bisa kita search di google. 

Untuk kategori sharing kaweruh dan berbagi pengalaman secara offline, Alhamdulillah juga semakin banyak. Secara Bismillahirrahmaanirrahiim, menimba ilmu secara online dan offline memiliki reaksi yang berbeda-beda. Menurut saya, keduanya bisa saling melengkapi. Tak jarang apa yang saya dapatkan dari berkelana secara gooling masih bikin pusing dan gak ngedong. Maka, jika ada acara blogger yang gratisan maupun tidak gratis, saya akan tetap ikut bilamana:
  1. Jadwalnya macth, yakni acara diselenggarakan saat hari libur (sabtu-minggu) dan tidak ada engagement acara keluarga atau jadwal mudik.
  2. Lokasi acara bisa saya jangkau, tidak berada di luar kota. Karena saya tinggalnya di Sleman, maka lokasi acara yang masuk zona toleransi adalah  sekitar JogloSemar. Selama saya pernah ikut acara blogger, lebih sering di anter oleh suami: drop and pick up later. Bukannya apa-apa sih, alasannya simple: kalau naik motor sendiri dijamin tiba di lokasi saat acara sudah bubar, itu pun kalau bisa sampai tekapeh. #resiko gagap rute dan arah.
  3. Sanggup berkomitment untuk memenuhi SOP yang sudah disampaikan di dalam undangan. Yang paling umum adalah membuat review atau tweet live. 
  4. Jika ada kontribusi, yang nominalnya terjangkau dan materi yang akan disampaikan memang saya butuhkan, bisa tentang blogging, parenting, traveling, photography, kuliner atau tematik lainnya yang worthfull dong.
Silaturahim, Sharing Pengalaman, Berbagi Ilmu
Kalau untuk tips hemat saat pergi ke acara Blogger kalau bagi saya adalah mengacu pada point-popint di atas. Adapun bila diselenggrakan di café atau tempat sejenis dimana konsumsi BeDeDe alias bayar dewe-dewe, teuteup saya perhitungkan kira-kira rate menu di tempat tersebut harus yang ramah dengan kemampuan saya.

Selain itu, beberapa kali ikut acara blogger yang kemasan materinya bagus, saya suka bikin rekaman dan saya upload ke youtube. Alhamdulillah, selain mendapatkan ilmu, wawasan dan material untuk di posting di blog, juga dapat content untuk tayangan di akun youtube deh.

After all, bagi saya ikut acara blogger, selain bisa kopdaran seru, bersilaturahim dan memperluas jejaring persahabatan, tentunya sebagai salah satu media untuk berguru dan menimbal ilmu. Dan yang namanya menimba ilmu, idealnya cost isn't big deal. Selagi ada kesempayan dan kemampuan, why not?

Kalau Anda, apa neh tips hemat saat pergi ke acara Blogger? Atau, apa oleh-oleh (hasil) yang diharapkan saat mengikuti acara blogger.

3 comments:

  1. catet ah, aku soalnya blm pernah dtg ke acara2 blogger, buat referensi, makasih ya mbk

    ReplyDelete
  2. Saya sih ikut acara kalau mau aja. Sering malah cansel. Maklum kalau punya balita suka agak riweh. Tapi yang terpenting dari setiap momen acara, ada hasil yang didapat. Contohnya kemampuan menulis jadi meningkat. Kembangkan potensi itu dari mana saja, selagi masih muda. Iya begitu.Gws!

    ReplyDelete
  3. Silaturahmi, menyerap ilmu dan pengalaman, dan makan2 juga hahaha
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.