Nasi Goreng Special, Masakan Andalan Keluarga

Bismillahirrahmaanirrahiim Nasi goreng memang menu sejuta umat, tak terkecuali pula keluarga. Nasi Goreng juga merupakan salah satu masakan asli Indonesia yang sudah diakrabi sejak usia dini, maskudnya semenjak memasuki usia bisa makan nasi dan sebangsanya.

Nilai plus lain dari nasi goreng, selain memang bisa diterima oleh semua anggta keluarga, proses pembuatannya simpel dan bahan yang dibutuhkan tidak yang aneh-aneh seperti bikin pindang ikan patin

Pokoknya, orang yang tidak tahu bebumbuan dan tidak bisa masak, dijamin taka kan mengalami kerepotan yangberarti untuk menyiapkan nasi goreng special untuk keluarga tercinta. Dijamin deh gampang, asal mau mencoba saja kok. 
Bahan Utama: Nasi (Ya iyalah, namanya nasi goreng ya bahan utamanya nasi).
Bumbu-bumbu yang dibutuhkan (untuk 3 porsi) adalah:
Cabai merah/keriting (sesuai selera)
Tomat (optional): 1 buah
Bawang putih = 5 siung
Bawang merah= 2 siung
Garam Secukupnya
Trasi satu ruas jari saja ( optional )
Kecap (secukupnya
Adapun cara memasaknya adalah sebagai berikut:
  1. Semua bumbu yang diuleg hingga haluskan disangrai dengan mentega hingga mengeluarkan bau yang harum, kemudian tambahkan kecap. 
  2. Masukkan nasi untuk 3 porsi. Biasanya, untuk meratakan bumbu ke setiap butir nasi dan demi menghemat gas LPG, nyala apinya kecil banget pada sesi membumbui nasi. 
  3. Setelah bumbu kira-kira sudah merata ke semua butiran nasi, tunggu selama 10 – 15 menit (dengan tetap di orak-arik nasinya agar tidak terjadi intip).
  4. Angkat nasi goreng dan sajikan dengan telur ceplok, krupuk  dan pernak-pernik plating lainnya. 
  5. Sajian nasi goreng di atas merupakan tipe original, karena kadang saya bikin nasi goreng yang di mixed dengan mie. Dilain waktu bikin nasi goreng dengan campuran sayur sawi, kadang taoge, teri nasi. 
Resep Nasi Goreng

Kapan waktu yang tepat menyajikan menu nasi goreng? 

Kalau saya yang pasti, sudah ada nasinya dulu. Jadi bukan masak nasi yang diperuntukkan jadi Nasi Goreng. Istilah gampangnya, ada sisa nasi (bukan nasi sisa). Semisal masak sore dan paginya masih ada nasinya, biar cepat ya bikin nasi goreng tho? Menurut saya, tidak ada pembakuan waktu kapan enak dan pantasnya masak nasi goren, flexible saja kok. 

Yang jelas, Nasi Goreng merupakan menu masakan yang dinamis dan bisa di combine aneka bahan lainnya: sea food, ayam, daging, sayur dan sebagainya, sesuai letupan ide mau bikin nasi goreng special ala siapa atau pakai campuran apa.

Bagi saya, intinya memasak hanya asal mau mencoba mencampur aneka bahan dan bumbu (secara logis lho) dan yang penting hasilnya tidak meracuni dan bisa dimakan. Ada banyak jenis resep masakan lain yang simpel, cepat dan cita rasanya bisa diterima oleh semua anggota keluarga, seprti aneka tumis, oseng, sayur bening asem dan  lain-lain yang tidak seruwet masak gule ayam kampung kok. 

Kalau tidak  tidak ada yang mau makan, gunakan bumbu sakti pamungkas: disantap masakannya atau tak akan ada lagi chef cantik yang mau masak di rumah.
So, apa neh resep masakan andalan anda?

6 comments:

  1. nasi goreng itu makanan internasional lho mbak, yummy dan bergizi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, kudetnya aku. Yg terdogma di pikiranku nasgor itu asli indinesia. Heheeh

      Delete
  2. Bumbu sakti pamungkasnya boleh juga tuh hahaha
    Aku besok mau buat nasi goreng buat sarapan anak-anak :D

    ReplyDelete
  3. saya biasanya bikin nasgor pake bumbu instant hehe... karena bikin sendiri rasanya selalu ada yang kurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai bumbu jadi lbh praktis ya mas?

      Delete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.