Histeria lomba Agustusan mindahin belut

Mengikuti acara perayaan Kemerdekaan yang lebih nge-trend dengan istilah Agustusan memang kegiatan rutin tahunan saat saya masih duduk dibangku sekolah. ketika sudah kuliah dan kemudian bekerja, aku lebih banyak jadi penonton keseruan berbagai lomba baik yang sifatnya resmi seperti gerak jalan, karnaval, pawai ataupun yang heboh seru-seruan seperti lomba ngemut kelereng dengan sendok, kempit bola, masukin paku dalam botol dll. Tapi bukan berarti saya gak pernah ikutan lomba yang seru-seru dan heboh loh? Tahun 2012 ini di kantor memang tidak mengadakan lomba Agustusan karena bertepatan dengan Ramadhan. Tapi Bismillahirrahmaanirrahiim  saya juga masih punya koleksi/dokumentasi lomba Agustusan di Kantor.

Meski jenis lombanya memang tidak jauh berbeda dengan di tempat-tempat lain dan hadiahnya juga biasa-biasa saja, namun euforianya luar biasa. Semarak dan hebohnya saat mengikuti acara perlombaannya sungguh sangat berkesan banget. Beberapa jenis lomba yang sengaja dipilih karena alasan unik dan menariknya adalah: makan kerupuk, kempit bola, masukin paku dalam botol, bawa kelereng dengan sendok, mecahin air dalam kantong plasti dengan mata tertutup.

video
Meski saya paham teorinya saat lomba makan kerupuk [rekaman video di atas], yaitu tunggu kerupuk gak bergerak [karena angin] lantas di makan dengan tenang sehingga gantungan kerupuk tidak terayun-ayun..toh pada praktek lombanya saya gak bisa ngabisin tuh sebiji kerupuknya. Demikian juga saat mecahin kantong plastik berisi air, karena ogah kebasahan jadi saya hanya ikutan ditutup mata dan dengan sengaja gak mencari dimana lokasi kantong plastk airnya....hehehehee..

Lomba kempit bola
Nah, kalau yang kempit bola, bawa kelereng dan masukin paku dalam botol tuh yang lumayan sukses. Untuk kempit bola yang penting saya bisa kompak saat melangkahkan kaki dengan partner sehingga bola yang dikempit kami berdua tidak jatuh dan tentunya harus bisa lebih cepat sampai finish. Yang bawa paku juga, fokus agar paku yang ada dalam cekungan sendok tidak terguncang-guncang [agar tidak jatuh] saat kita berjalan, jadi sebisa mungkin sendoknya digigit kuat-kuat agar posisinya stabil saat saya bawa jalan cepat menuju garis finish.

Lomba bawa kelereng dan masukin batu ke dalam botol
Untuk lomba masukin paku juga, triknya ya hentikan paku terayun sebelum saya ready masukin batang paku dalam mulut botol. Caranya ya benturin tuh paku pada botol secara perlahan-lahan untuk mengurangi kecepatan ayunannya [karena sebelum terayun-ayun kencang saat dibawa menuju lokasi botol]. Jika batang paku sudah tidak berayun-ayun lagi, baru deh tahan nafas sejenak untuk konsentrasi memasukkan batang pakunya.

video

Masih ada lagi satu jenis lomba di tahun 2009 [terekam dalam video di atas] yang paling bikin saya histeria, panik, ngeri tapi harus berani ikutan . Awalnya saya gak mau ikutan, tapi kok ya berasa gak sportif wong yang lainnya meski punya rasa ngeri dan takut yang sama tetap menyatakan siap ikutan. Gimana saya gak pikir-pikir 1000 kali buat ikutan jika harus adu kecepatan mindahin belut dari satu bak ke bak yang satunya. Iya sih lombanya dilakukan beregu, tapi aseli saya tetap ngeri, takut dan entah gimana lagi rasanya. Jadi selama estafet mindahin tuh belut, sekuat hati saya memberanikan diri agar bisa menyerahkan belutnya pada teman di sebelah saya yang kebagian membawanya ke bak penampungan berikutnya. 

Inilah cerita kenangan betapa Histeria lomba Agustusan mindahin belut untuk Kontes Kenangan Bersama Sumiyati-Radit Cellular, Lomba mindahin belut yang penuh histeria plus kepanikan saya ketika belutnya luput dari gengaman saya ini sepertinya akan jadi kenangan satu-satunya untuk lomba Agustusan karena saya tak akan berani lagi deh ikutan jika ada lomba kayak begitu.....ngeri,geli,panik dan entah apalagi rasanya campur aduk. 


Note: Terpilih sebagai juara harapan di SINI 


19 comments:

  1. hehe.... lomba Agustusan emang penuh euforia ya Rie.... asyik banget, tapi aku lebih asyik nonton deh drpd ikutan lombanya. hehe..

    artikelnya lengkap dengan triks and tips dalam mengikuti lomba pula, mantab. Sukses ya riee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mski paham trik dan teorinya...aku gak menang tuh lomba makan kerupuknya. Lomba belutnya apalagi...kacau deh karena aku jingkrak-jingkrak ketakutan pas belutnya lepas

      Delete
  2. Berani juga mbak Ririe pegang belut hemm, terima kasih ya ...telah tercatat sebagai kontes kenangan matur nuhun sanget:),jangan lupa mbak tgl 29 Oktober ada pertemuan untuk semua peserta di kantn Keluarga Bunda Lahfi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu beraniin diri BUnda Sumiyati Sapriasih...aselinya ya gak berani banget...keinget ular kalo pegang belut

      Delete
  3. Ha ha ha..belutnya pasti sok gengsi yaaa..pura2 lari kesana-kemari tralala..traili ngerjain kaum ibu.
    Mantap, saingan beratz nich.
    Nanti sama2 ke Jakarta ambil hadiahnya ya jeng.
    Salam sayank selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh Pakdhe GusLik Galaxi, belutnya kok ya liciiinn banget, lha saya sdh takut-takut ditambah lagi belutnya susah dipegang. Eh, nanti hadiahnya ta ambil ke galxy saja ya Dhe? hehehehee..Kalau saingan sama pakdhe, saya nyerah deh...

      Delete
  4. wah mantap... lombanya asyik asyik, aku kemaren waktu ikut outing lomba kempit bola itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lombanya di kantor semua wajib ikutannn...jd meski gak berani ya ikut deh

      Delete
    2. hahahaha...seru bangettttttttttt :D

      Delete
    3. hahahaha..seru jejingkrakannya ya Mbak?

      Delete
  5. cooba seandainya boleh tangannya dikasih abu gosok, pasti belutnya gampang dipindahin. Tapi salut deh kalo ada cewek yang nggak geli sama belut, soalnya saya justru geli, tapi kalo belut goreng justru mau hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAA....kalau dikasih abu gosok kan kasihan si belutnya Pak Ies, perih kan di kulitnya? Kecuali kalau hendak dimasak, boleh deh pakai abu gosok

      Delete
  6. lomba Agustusan memang meriah ...
    Semoga sukses ngontesnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses memeriahkan kontesnya neh..hehehee

      Delete
  7. Wah, acaranya menarik nih :)
    BTW, blog nya keren banget :D ajari donk mbak

    ReplyDelete
  8. wah halaman yang bagus dan artikel yang sangat baik . saya senang bisa menemukan halaman ini , artikelnya sangat menarik . di tunggu postingan berikutnya .Salam

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.