Tempat Wisata Murah Meriah untuk Liburan di Yogyakarta

Tak perlu diragukan kalau soal urusan destinasi wisata di Yogyakarta. Sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia, banyak hot spot menarik yang recommended sebagai tujuan wisata. Mulai dari obyek wisata pantai, budaya, candi dan kuliner, tinggal sipakan diri dan waktu untuk memuaskan diri jelaja wisata di Jogya. 

Salah satu hot spot wisata murah dengan lokasi strategis yakni di zona Nol KM Jogya atau Tugu Yogya. Dengan Bismillahirrahmaanirrahiim membuat start wisata dari NOL kilometer atau Tugu Yogya, kita bisa menikmati minimal 10 tempat wisata sekaligus yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Kalau capek, ada pilihan naik becak. 
Jogja kota wisata

Penasaran tempat wisata apa saja yang bisa di explore di sekitaran Tugu Yogya kan? Berikut tempat wisata yang bisa dijangkau dengan mudah dari Tugu Yogya:
  • Yang pertama tentu saja Tugu Jogya atau Nol KM nya Yogykarta itu sendiri. 
  • Museum Benteng Vrederberg yang memiliki gerbang menghadap ke arah barat dengan dikelilingi oleh parit. Di dalam bangunan benteng terdapat bangunan-bangunan anara lain rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, rumah sakit prajurit dan rumah residen.Di Benteng Vrederberg ini pengunjung juga bisa meyaksikan “film” tentang sejarah Benteng.
Wisata Yogyakarta; Jalan-jalan di Yogya; piknik murah
  • Keraton yang merupakan pusat museum hidup kebudayaan Jawa yang masih terpelihara dengan sangat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Keraton ini wisatawan bisa belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa masih lestari hingga saat ini. 
  • Tamansari adalah situs bekas taman atau kebun istana dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Jalan-jalan murah di Yogyakarta
  • Masjid Kauman atau masjid raya Kesultanan Yogyakarta, atau Masjid Besar ini terletak sebelah barat Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta.
  • Taman Pintar Jogja merupakan wahana yang representatif untuk memperkenalkan science, cocok untuk semua umur.
Jogya kota 1000 candi
  • Monumen serangan umum 11 Maret yang merupakan pengabadian atas peristiwa serangan yang dilakukan oleh tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.
  • Istana Kepresidenan Yogyakarta yang dikenal juga dengan nama Gedung Agung terletak di pusat keramaian kota, tepatnya di ujung selatan Jalan Ahmad Yani dahulu dikenal Jalan Malioboro.
  • Jalan Malioboro yang sudah sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warunglesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja, tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan diri dengan bermain musik, melukis,  dan lain-lain di sepanjang jalan ini.
  • Pasar Beringharjo yang fenomenal sebagai tempat jual beli sejak 16 M. Yang menawarkan bermacam produk mulai dari batik, jajanan pasar, jejamuan, aneka cinderamata dan oleh-oleh khas Jogya lainnya dengan harga yang super murah *pinter-pinternya nawar ya?*. 

Selain 10 tempat wisata di atas, masih banyak spot-spot lainnya yang menarik untuk di kunjungi. Bukankah di setiap sudut kota Jogya menawarkan pesona wisata yang teramat sayang untuk dilewatkan? Setidaknya demikian ungkap Om Katon Bagaskara. 
  
Kalau ditanya wisata murah ala saya ya di zona Tugu Yogya dong. Cukup 30 menit perjalanan dari rumah dan bisa menjangkau sekitar 10 spot wisata dengan harga tiket masuk yang relatif murah (kecuali Taman Pintar). Pertimbangan murah lainnya adalah tak ada larangan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. 
Al hasil, aspek murah dalam berwisata benar-benar terjawab dengan memilih lokasi seputaran tugu Yogya: hemat waktu, tenaga, budget dan hati pun puas. Kalau Anda, apa dong wisata murah meriahnya?

6 comments:

  1. Aahh, Yogya memang pusat pariwisata disekitar Jawa Tengah ya mbak Rie. Saya sejak kecil paling sering brkunjung ke Yogya, meskipun belum semua tempat yang tertulis disini pernah saya kunjungi. Paling fenomenal tuh Malioboro, kalau ke Yogya nggak ke Malioboro kayaknya ada yang kurang deh :)

    ReplyDelete
  2. Klo pas ke Yogya anakku seneng banget tuh ke Taman Pintar.

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka jalan kaki sepanjang malioboro, kantor pos, bni, taman pintar, hihi. Pegel tapi seru :D

    ReplyDelete
  4. Ituuuuuu foto-fotonya keceeeee, mewakili jogja banget.

    ReplyDelete
  5. Kalo main ke jogya itu, saya suka jalan2 di malioboro soalnya panjang banget dan pastinya rame sekali di malioboro itu :)

    ReplyDelete
  6. Dari kecil udah salut sama kota yogya, gak cuma norma masyarakatnya yang beradab tapi juga culture budaya dan wisata, yang selalu buat aku pengen kesana

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.