Nikmatnya MANUK LONDO yang TAHAN LAMA

Bismillahirrahmaanirrahiim cobalah  aneka rerasa makanan yang khas dan unik,  Cupuwatu Resto yang patut dipertimbangkan. Lantas apa sih daya magic yang dimiliki Resto, Yogyakarta ini?  Menu andalan dari Tempat kuliner yang berlokasi di Komplek Grand Cupuwatu Jl. Solo- Yogyakarta ini adalah MANUK LONDO atau MALON atau Burung Bule. Setidaknya, saya sendiri langsung KEPO pas baca sebutan MANUK LONDO, kata LONDO kan menyiratkan unsur western tuh. 

Tapi sebenarnya penamaan LONDO didasarkan pada negeri asal muasal jenis unggas yang seukuran burung merpati tersebut, yaitu Perancis dengan nama asli Franch Quail. Varian unggas ini kemudian dibudidayakan di Yogyakarta, mulai dari penetasan telur, pakan, pemotongan, hingga pengolahan lanjutan menjadi menu-menu malon yang nikmatnya  memikat rasa di lidah.

Hemmm, seriuskah memikat cita rasa di lidah? 
Then here I Am, At Cupuwatu Resto yang siap dengan menu-menu utama Malon yang dijamin Nikmatnya MANUK LONDO yang TAHAN LAMA antara lain: Malon Halilintar, Malon ala Peking, Malon BBQ, Malon Bumbu Kuning, Mie Malon, Malon Bakar Klaten, Gudeg Malon dan Gudeg Kendil Malon. Selain menu-menu andalan ala Malon, ada banyak pula menu kuliner lainnya siap dikulineri pokoknya.
Kuliner unik; Kuliner di Jogya
Aneka Menu Malon ~ Manuk Londo
Malon Bumbu Kuning yang akhirnya saya pilih dan minuman Es Teler Cupuwatu. Satu porsi yang berisikan satu ekor utuh Malon Bumbu Kuning dihidangkan dengan nasi putih, sambel bawang dan lalapan (dua slice ketimun, 1 slice tomat, 1 lembar selada).  Untuk Malonnya dimasak ungkep dengan bumbu kuning, sehingga rasanya gurih dan empuk banget bahkan sampai tulangnya pun renyah lho? Makanya dengan terpaksa paket yang menurut saya ukuran besar ini perlu dihabiskan sekalian dengan Es telernya sehingga bikin jadi seger. Lha gimana gak dihabiskan, wong rasa bumbunya bener-bener meresap sampai meresap ke tulang, lapisan dagingnya empuk, gurih. rasa dagingnya jelas beda banget dengan daging-daging dari jenis unggas yang banyak beredar di wisata kuliner. Untuk ukuran, sepertinya sekira burung dara deh. 

Cupuwatu Resto juga terdapat pilihan menu Malon untuk skala party atau keperluan hajatan yaitu Malon Sego wiwit dan Malon nasi kebuli yang bisa membuat terbuai oleh tetamu terpesona dengan Nikmatnya MANUK LONDO yang TAHAN LAMA deh. 
Malon Kuning

Gudeg Malon
Gudeg Malon

Nasi Wiwit Malon; Kuliner Enak Yogya
Nasi Wiwit Malon
Penasaran kan? Buruan di serbu ke Cupuwatu Resto ya?
Bagi yang asli atau sudah beberapa lama tinggal di Jogyakarta, tidak akan kesulitan kok menemukan tempat yang menyajikan menu andalan Franch Quail. Tapi bagi wisatawan domestik maupun manca negara, atau siapa saja yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, tak perlu kuatir tersesat untuk menemukan lokasi Cupuwatu Resto ini. Bahkan…jenis-jenis kuliner apa saja yang mau di kunjungi bisa dengan mudah ditemukan kok. 
Tanya: Kok Bisa ? Ya bisalah, kan ada aplikasi OpenSnap yang bisa dibilang smart aplication for culinery.  
OpenSnap adalah aplikasi kuliner dan bisa di download secara gratis dari Playstore atau Appstore. Melalui aplikasi ini, kita bisa mudah mendapatkan referensi yang straight to the point of culinery: jenis makanan, tempat, menu, harga juga testimoninya.  Kita bisa survey banyak tempat makan yang ajib tanpa perlu capek kesana-kemari mencari alamat tempat makan. Mari kita lihat apa dan bagaimana Aplikasi OpenSnap ini kok bisa-bisanya menjadi jalan pintas untuk menemukan lokasi wisata kuliner:
  1. Personalized Your Food App by Bookmark : Fitur bisa dipakai untuk menandai (bookmark) resto, jenis masakan atau menu favorit. Kita juga bisa memfilter Tempat kuliner berdasarkan Bookmark yang populer oleh para foodies. Kalau suatu tempat kuliner / menu makanan banyak dibookmark, artinya recommended dan representatif untuk di datangi kan?
  2. Fiture Social Visited memungkinkan untuk  melihat siapa saja teman-teman yang kita follow di aplikasi OpenSnap ini yang sudah pernah kuliner di mana saja. Kalau banyak teman yang berkunjung ke suatu tempat kuliner, maka logikanya tempat kuliner tersebut banyak digemari atau dikunjungi oleh friendlist kita.
  3. Map View merupakan fiture favorit yang buta arah maupun yang gagap pilih menu kuliner Melalui map view ini  bisa dilihat sederet daftar tempat kuliner yang terdekat dengan keberadaan kita sehingga bisa lebih cepat memutuskan arah menuju tempat makan yang kita inginkan dan sesuai budget kuliner kan?. Hemat waktu, tenaga dan BBM dan tak perlu bikin emosi labil hanya karena pusing cari lokasi makan.
  4. Dengan Personalize your favorite location kita dapat menset up lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan sehingga lebih mudah untuk mencari
  5. Everyone Tab adalah fitur mempertontonkan update dan terkoneksi dengan semua foodies yang berada di kota mereka masing-masing.
Menu Kuliner Nusantara
Tampilan Opensnap.com
Serunya lagi, kita memajang foto menu-menu favorit kita dengan dilengkapi ulasan singkat, nama makanan, nama resto dan  meng-tag teman juga.  Melalui aplikasi ini kita juga bisa menambahkan fitur-fitur visual seperti filter kamera dan sticker lucu yang bisa digunakan untuk mempercantik foto. Kita juga saling follow, memberi ‘like’, dan memberi comment pada foto yang di-upload oleh teman-teman kita atau foodies lain.

Nah, di OpenSnap juga terdapat fitur ‘Nearby’ yang memungkinkan kita melakukan pencarian berdasarkan nama dan jenis makanan, atau jenis restoran,  maka akan bermunculan foto-foto makanan dari restoran-restoran letaknya tak jauh dari keberadaan kita dalam radius dua kilometer. Cukup ceklik foto makanannya,  kita akan langsung mendapati profil restoran antara lain: alamat, peta, nomor telpon, ulasan, estimasi harga, album foto makanan, dan ulasan resto tersebut. 
Mau tahu resto yang berada di seantero Sleman, bisa deh ceklik ke http://www.opensnap.com/id/yogyakarta/Sleman/restaurantsMau kulineran yang searahan dengan pantai Parangtritis, monggo dipilah-pilih daftar resto dari sini http://www.opensnap.com/id/yogyakarta/Bantul/restaurants 
So, semua fitur OpneSnap saling melengkapi dan pas banget untuk menjadi guidance kuliner dimana pun kita sedang berada. Bahkan, jika sedang di luar negeri sekalipun kita gak bakalan tersesat jika hendak hunting tempat wisata kuliner yang asik geboy lho? Yang penting, install aplikasi OpenSnap di gadget anda dulu dong dan pastikan jika anda menggunakan Iphone atau Ipad membutuhkan iOS versi 5,0 ke atas. Sedangkan bagi pengguna Smartphone dibutuhkan Android 4,0 ke atas.



1 comment:

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.