Kenali Gejala Tuberkulosis dan Segeralah Berobat!

Penyakit batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi hits, manakala terjadi pergantian musim pergantian musim. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim menjadi presumtif yang jamak terhadap jenis penyakit batuk yang terjadi dianggap penyakit biasa seperti halnya pilek dan demam yang banyak terjadi di saat peralihan musim kemarau ke musim hujan sehingga langkah pengobatan yang diambil juga tergolong ‘santai’, semisal dibelikan obat batuk di apotek, dikasih perasan jeruk nipis +kecap atau treatment makan kencur saja. Langkah awal pengobatan batuk ini memang sudah menjadi resep turun temurun yang terbukti bisa menyembuhkan batuk, tepatnya jika batuknya BUKAN jenis penyakit yang mengarah ke TBC.  Langkah-langkah inipun juga saya terapkan pada Ifa ketika sekitar dua bulan lalu dia mengalami sakit batuk. Terapi kencur dan  jeruk nipis hanya sedikit mengurangi gejala batuknya, artinya harus dibawa ke dokter dan diberi resep untuk mengobati penyakit batuknya. Dua hari istirahat di rumah dan kondisinya mulai membaik, Ifa bersikeras minta balik ke asrama karena jika terlalu lama ijin maka target hafalannya akan semakin banyak yang tidak terselesaikan sesuai jadwal yang seharusnya.

Beberapa waktu berlalu, kabar yang diberikan Ifa meyakinkan bahwa dia baik-baik saja. “ Batuknya tinggal sedikit-sedikit kok”, demikian penjelasannya setiap kali ditanyai tentang batuknya. Mengetahui batuk Ifa yang belum benar-benar sembuh, terbersit kekuatiran kalau-kalau penyakit batuknya Ifa betambah serius atau sebenarnya dia terinfeksi penyakit TBC?  Kekuatiran saya ini berdasarkan hasil kunjungan langsung yang pernah saya lakukan ke asrama Ifa saat awal-awal saya menjadi seorang Ibu [tahun lalu] dan kebetulan Ifa pas libur rutin yaitu sebulan sekali mendapat kesempatan untuk pulang. Estimasi saya sampai ke TBC karena:
  1. Ifa tinggal di asrama sekolah yang setiap kamarnya dihuni sekitar 10 anak. 
  2. Untuk mengatasi ruangan kamar yang gerah, sirkulasi udara digerakkan oleh sebuah kipas angin ukuran sedang.

Dua hal tersebut sangat mungkin bisa menjadi penyebab batuk yang di alami Ifa adalah Tuberkulosis mengingat jenis penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang penyebarannya melalui udara [dari melalui percikan dahak penderita TB yang sudah mengering]. Bukankah seseorang yang sedang sakit TB ketika batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka juga memercikkan kuman bacilli ke udara? Kalau salah satu teman Ifa ada yang terjangkit TBC, maka siapapun yang ada di sekitarnya bisa terpapar TB meski hanya menghirup udara yang mengandung sejumlah kecil kuman TB.

Ifa bersikukuh so far she’s just fine setiap kali ditanyai tentang kondisi kesehatannya dan suami juga yakin anak sulungnya sehat wal afiat, maka saya pun mensetting pikiran: Bisa jadi memang saya yang terlalu over reacting karena situasi yang langsung menjadi sosok seorang Ibu. 

Hingga hampir sebulan kemudian, saat saya masih di kantor, suami memberitahukan akan menjemput Ifa ke asrama karena baru saja mendapat kabar jika selain batuk yang belum sembuh [tepatnya belum membaik meskipun obat dari dokter sudah habis],  Ifa juga mengalami demam dan semalaman tidak bisa tidur. Spontan muncul lagi paranoid saya jangan-jangan Ifa terkena TBC? Bukankah apa yang di alami Ifa sebagian besar mengarah pada gejala-gejala orang yang kena TBC, antara lain:
  1. Batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih, yang pada tahap selanjutnya, bisa menghasilkan dahak yang berwarna abu-abu atau kekuningan kental, untuk kondisi yang lebih serius dahak tersebut bisa bercampur dengan darah
  2. Demam dan influenza [walaupun tidak terus menurus] 
  3. Nafsu makan menurun 
  4. Terjadi penurunan berat badan. 
  5. Mengalami Kelelahan.
  6. Pada malam hari berkeringat yang dapat dimulai dengan demam hingga menyebabkan keringat berlimpah yang diikuti tubuh jadi menggigil.  

Dari beberapa gejala-gejala yang identik dengan penderita TB di atas, setelah Ifa sampai di rumah, saya lihat ada beberapa gejala yang dialami Ifa yaitu pada point 1, 2, 4, 5, 6. Batuk Ifa sudah berlangsung hampir sebulan, berat badan Ifa juga menurun walaupun tidak significant [yang bisa disebabkan karena selera makannya yang menurun], pada malam hari Ifa demam dan menggigil juga.
Sekalian minta rontgen dan check darah saja Bi?”
Kalau dokternya tidak merujuk, nanti kita dikira kemeruh [=sok tahu] Nda?”
Biarin dianggap kemeruh, daripada nanti batuknya Ifa malah lebih parah dan terlambat pengobatannya yang serius, kita sendiri yang nanggung dampaknya kan? “

Melihat kondisi Ifa yang lemas, pucat, badannya demam dan dia bilang kadang-kadang terasa nyeri di dada,  maka kami memang harus bersikap sok tahu dan tidak ingin hanya menunggu entah kapan dokter akan memberikan instruksi untuk check darah dan rontgen.  Pertimbangan ini tidak hanya semata demi kesehatan Ifa, tapi juga untuk teman serta orang-orang sekitarnya. Mengingat penularan penyakit TBC ini relatif mudah dan gejala awal terjangkitnya batuk yang dialami seseorang seringkali terlihat dan dianggap sebagai batuk biasa.  Oleh karena itu, dengan meminta check darah dan rontgen kami berharap bisa lebih cepat mengetahui jenis batuk yang dialami Ifa, sehingga bisa lebih cepat pula dilakukan tindakan lanjutan yang lebih intensif karena Pengobatan TB ini kan tergolong pengobatan yang bersifat jangka panjang, umumnya butuh waktu sekitar 6-9 bulan. Selain itu, SEANDAINYA hasil diagnosa menyatakan positif TB, selain pengobatan medis secara intensif, maka dampak paparan bakteri  Mycobacterium tuberculosis ini juga bisa sedini mungkin diminimalkan dengan upaya-upaya:
  1. Menggunakan masker untuk mencegah penyebaran bakteri penyebab TBC.
  2. Tidak meludah [mengeluarkan dahak] sembarang tempat
  3. Meminimalkan kontak dengan banyak orang JIKA di suspect sebagai penderita penyakit TBC aktif.
  4. Meningkatkan pola hidup sehat  dengan re-setting menu makan yang pro-aktif untuk penyembuhan TBC, sanitasi  lingkungan lebih dijaga lagi.
After all, pemeriksaan  foto rontgen dan test darah Ifa Alhamdulillah hasilnya tidak ada indikasi ke TBC, tapi lebih ke Bronchitis dan beberapa parameter test darah yang sedikit melenceng dari baku standar, indikasinya lebih pada akibat selera makan yang menurun dan kurang minum.


9 comments:

  1. Iyuh ngeri juga ya kalo sampe batuk lama lama begitu. Batuk beberapa hari aja rasanya udah ampun dah >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batuk beberapa hari bikin gak nyenyak tdr dan tersiksa banget ya sob

      Delete
  2. USA Checks paid is your native 1-stop retail cash services center that is whole targeted on making each and every check cashing experience on top of the last. ar out there in and information the payday loans direct lender USA Checks paid distinction.

    ReplyDelete
  3. jadi pada saat kondisi pasien sudah parah, lebih baik kita mnta rontgen dan cek darah ya Pak. biar ketahuan penyakit yang diderita pasien. thank informasinya.

    ReplyDelete
  4. lens that filters out 100% of UVA/ UVB/ UVC & harmful blue light up to 400nm. This style is available in a variety of colors including a polarized style and comes complete with a convenient and protective carrying oakley oil rig case with capacity to store extra lenses. The Commit SQ fits and looks like no other performance lens, it is absolutely amazing — this style is sleek, sporty, stylish and comfortably stays on while you break a sweat. this cutting edge unisex style is perfect when running on the Hermosa Beach boardwalk, hiking the Hollywood Hills or Santa Monica Mountains or cycling oakley gascan in Santa Barbara. This semi-rimless style lets the female athlete hang tough with the boys while looking sleek and stylish. Gain the upper hand in top performance and ground-breaking technology while looking fashion-forward in pushing the limits with this style and its high-tech features: stay sharp and adapt to the environment with the handy interchangeable lens design which lets you swap out oakley prescription glasses the lens according to your game and setting, enjoy razor-sharp clarity and high-def vision thanks to High Definition Optics? (HDO?), XYZ Optics and peripheral views, say goodbye to annoying glare with top polarized lenses, move swiftly, confidently and light as a feather with this lightweight style composed of an O Matter? frame material paired with Unobtainium? components, and enjoy the ultimate in monster dog oakley sunglasses UV protection with Oakley’s Plutonite lens material that filters out 100% of UVA / UVB / UVC & harmful blue light up to 400nm, keeping you protected with perfection from the sun and elements. The Polarized Half Jacket 2.0 is a fabulous unisex style that’s perfect for women who want a sleek, lightweight and smaller frame which offers superior sun protection and oakley ek signature sunglasse remarkable mobility paired with high-quality lenses that offer stellar visual clarity.An accessory that is a must have is a nice pair of fabulous sunglass! It is hot, hot, hot outside and the need to cover your eyes oakley gascan sunglasses is not only a necessity, but it is also a spectacular add on to any outfit.
    Here is what the bowls are "gifting" to players and team reps in the 2014-15 bowl season, per Sports Business Daily/JournalToday Sunglass is launching the Sunglass Parts Library, an application on its Web-based platform which will give engineers access to over one million 3D manufacturing parts that can be dragged and dropped directly into web projects. This library is made possible through an exclusive partnership with CADENAS, a leading software developer for Strategic Parts Management and oakley baseball sunglasses provider of electronic computer-aided design (CAD) catalogs.We are thrilled to have the opportunity to transform our extensive catalog of CAD parts into the first ever interactive parts library application on the web,” said CADENAS CEO Jürgen Heimbach.

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.