3 Cara Merawat Busana Muslim sesuai jenis bahan



Untuk para muslimah, busana muslim sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para muslimah dan harus di rawat dengan baik, dengan perawatan yang tepat dan penyimpanan yang sesuai akan memperpanjang umur busana muslim tersebut.  Namun tidak banyak muslimah yang tahu cara merawat busana muslim yang benar berdasarkan bahan busana muslim tersebut Untuk itu silahkan simak 3 Cara Merawat Bahan Busana Muslim.

Cara Merawat Busana Muslim Berbahan Sutera

Jika Anda memiliki busana muslim berbahan sutra ada perawatan khusus yang harus di perhatikan.
Upayakan untuk mengurangi intensitas pencucian karena dapat merusak kain. Mencuci dengan tangan merupakan cara terbaik untuk merawat busana muslim bahan sutera. Selain itu, gunakan deterjen lembut yang dilarutkan dalam banyak air untuk mencuci.

Sebagai pengganti deterjen, Anda juga bisa menggunakan shampo untuk membersihkan busana muslim berbahan sutera. Jangan merendam pakaian sutra di dalam air atau air sabun dalam waktu lama. Sebaliknya, cucilah segera pakaian itu.

Menjemur pakaian sutra di bawah naungan bayangan sangat direkomendasikan. Jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkannya, karena panas tinggi bisa memudarkan warna pakaian sutra.
Ketika menyetrika pakaian, balikkan dulu pakaian dari bagian luar ke dalam ketika masih sedikit lembap. 

Cara Merawat Busana Muslim dari Bahan Katun

Selalu biasakan membaca label yang disertakan dalam produk tekstil. Namun secara umum, busana muslim berbahan katun cukup tahan untuk dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci. Warna pada bahan katun dapat bertahan lebih lama jika Anda mencucinya dengan air dingin.

Penggunaan bahan pemutih juga bisa digunakan pada bahan katun, hanya saja penggunaan yang terlalu sering akan merusak serat kain. Katun mudah kusut, sehingga akan sering untuk disetrika. Gunakan pelicin pakaian untuk memudahkan proses menyetrika. Perawatan untuk bahan katun tidak sulit, cukup menyimpannya di tempat yang tidak lembab dan terhindar dari matahari langsung.

Cara Merawat Busana Muslim dari Bahan Kaftan

Kain kaftan memiliki karakteristik khusus, sehingga perawatannya pun harus tepat. Pakaian wanita jenis ini di populerkan oleh Syahrini yang Ramadhan lalu sering menggunakannya pada setiap penampilannya.   
  •  Kaftan Satin. Jika Anda memiliki busana kain kaftan satin, hendaknya mencuci menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Hindari memeras satin untuk mencegah kerusakan serat-serat halusnya. Sebelum dicuci, sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 10 menit, dan jangan dicuci menggunakan mesin cuci. Lebih baik diucek sedikit dengan ekstra lembut dan hati-hati, kemudian bilas 3-4 kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen. Lalu jemur tanpa diperas.
  •  Kaftan Katun. Mencuci kaftan katun bukan hal yang sulit. Anda hanya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Sebelum mencucinya, teliti noda terlebih dahulu, dan cara terbaik untuk membersihkan noda adalah dengan mencuci menggunakan pembersih khusus penghilang noda pakaian sehingga noda yang bersarang pada busana kaftan berbahan katun bisa hilang dengan cara pencucian normal.
  • Kaftan Sifon. Jika Anda mencuci kain kaftan jenis ini baiknya dicuci tidak menggunakan air hangat karena akan menyusut. Sebaiknya dicuci dengan suhu ideal 40 derajat celcius menggunakan deterjen lembut seperti deterjen bayi. Bila menggunakan mesin cuci, jangan mencampur kain sifon ini dengan bahan lain, karena bisa membuatnya rusak. Mencuci terlalu lama juga bisa membuat warna kain menjadi cepat pudar.Sebaiknya, jangan menggunakan pengering cucian (dryer) untuk mengeringkan kaftan dari bahan sifon. Mengeringkan dengan diangin-anginkan merupakan pilihan tepat.
Bagaimana sekarang Anda sudah tahukan Cara Merawat  Busana Muslim sesuai jenis bahannya ? semoga tips ini dapat membantu untuk memperpanjang umur busana muslim saudari muslimah agar tetap awet.




5 comments:

  1. merawat kaftan memang harus sesuai jenis kainnya..nice inpoh sista.

    ReplyDelete
  2. gmana cari gambar baju muslim yang sesuai dengan baju anak sma sekarang ini ???

    ReplyDelete
  3. gmana cari gambar baju muslim yang sesuai dengan baju anak sma sekarang ini ???

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.