Giveaway Azzet: Enaknya Ngeblog Berlaksa Nikmat

Jika bicara apa enaknya ngeblog, tentu jawabannya akan sangat beragam dan secara umum bisa disimpulkan jika ngeblog lebih banyak enaknya ketimbang gak enaknya. Eh, ada ding gak enaknya ketika ada comment yang menurut saya pribadi sangat tidak mungkin seorang blogger yang welcome knowledge menuliskan kalimat seperti itu. Tapi Alhamdulillah tidak membuat saya trauma untuk ngeblog meski sempat merasa shock dengan comment tersebut dan saya menganggapnya satu comment tidap sportif tersebut tak akan mengurangi Enaknya Ngeblog berlaksa nikmat. Maka kembali pada topik Enaknya ngeblog yang saya alami, Bismillahirrahmaanirrahiim  alasan pertama dan utama saat mencoba-coba ikut bikin blog adalah semata untuk mendokumentasikan tulisan dan agar mempunyai motivasi yang lebih merangsang untuk lebih rajin menulis lagi setelah amat sangat lama vacuum dalam membuat karya literasi. Pikiran sederhana saya adalah jika memiliki blog maka apapun yang saya tulis tentu tidak akan di reject seperti naskah-naskah yang saya kirim ke redaksi media massa sebelum-sebelumnya (yang membuat saya akhirnya hiatus untuk menulis sangat lama. Selama saya membuat tulisan dalam koridor normatif yang berlaku, meminjam quote Pakdhe Cholik “ Enaknya ngeblog gak seenaknya” . Ya Apes-apesnya isi postingan di baca sendiri, di klik G+ sendiri, dinilai sendiri: menarik, lucu, keren. Iyah, demikianlah awal-awal saya ngeblog yang tidak kenal istilah blogwalking. Mind set saya terpaku pada keinginan ‘membukukan’ tulisan secara online.

Time make us learning, saya percaya dan mengalaminya juga dalam ngeblog. Suatu ketika saya tertarik ingin melihat-lihat blog orang-orang lain, dari situlah saya mulai mengenal istilah blogwalking. Aktifitas ini membukakan cakrawala baru buat saya, bahwa dalam dunia blogsphere pun sebenarnya tak ubahnya kehidupan nyata yang ada jalinan silaturahim saling berkunjung ketika tersedia waktu yang cukup. Tidak hanya tentang silaturahim secara maya namun nyata, blogwalking juga memicu rasa ingin tahu saya untuk ‘mendesain’ lay out blog agar lebih cantik. Content blog memang penting dan tampilan blog yang eye catching akan menjadi point plus orang lain tergoda untuk singgah di blog kita, demikian kurang lebih inti dari sebuah postingan yang saya baca dari hasil blogwalking kala itu. Dan enaknya ngeblog, teman blogger rata-rata welcome untuk memberikan tutorial gratis bahkan ikhlas ketika saya kesulitan untuk melakukan expand template.

Inilah beberapa yang bisa saya ringkaskan tentang Enaknya Ngeblog berlaksa nikmat:
1.     Meningkatkan minat  membaca
Setelah cukup lama jadi malas membaca dan larut dalam rutinitas sehingga saya sampai pada titik jenuh oleh kegiatan yang bisa di bilang sama dari ke hari. Ketika akhirnya mencoba untuk membuat blog demi mengasah lagi minat dan hobi menulis yang beberapa tahun ini jarang-jarang saya lakukan. Dan ketika saya mulai aktif menulis lagi, membuat postingan di blog pribadi kemudian rajin berkunjung pada blog teman,  saya pun jadi mulai lagi sedikit demi sedikit rajin membaca lagi. Mulai suka lagi membeli buku dan membacanya agar bisa membuat tema new entry yang tidak semata-mata curhatan dan keluh kesah pada postingan di blog. Dari membangunkan lagi minat baca pada diri sendiri, saya juga mulai belajar membuat review dari buku-buku yang saya baca.
2.    Menambah perbendaharaan kata dan kemampuan bahasa literasi yang enak dibaca.
Dengan sering blogwalking dan semakin bergairah menulis membuat saya tertarik dalam memandang dan menguraikan suatu topik/ tema dalam alur bahasan yang bisa mudah dicerna dan tidak membosankan untuk di baca. Yah, meskipun sampai saat ini style tulisan saya masih ‘kaku’, belum bisa mengalir lepas. Bahkan sangat mungkin masih banyak narasi tulisan saya yang membingungkan bagi yang pernah singgah di blog saya....#maaf.
3.    Bisa mengisi waktu luang secara lebih bermanfaat dan produktif untuk berbagi pikiran, pendapat serta motivasi yang inspiratif dengan banyak orang di dunia luar. Manfaat ini sangat saya rasakan karena di perantauan ini tepatnya di ujung timur pulau Jawa, saya jauh dari keluarga dan teman-teman. Dan saya tipically orang yang butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Oh iya, saya juga tidak begitu suka jalan-jalan atau sekedar spending time di luar rumah. Jadi kalau tidak ada keperluan tertentu, saya lebih banyak di rumah. Maka ngeblog membawa saya menjelajah banyak tempat dan berinteraksi dengan lebih banyak orang-orang di luar sana tanpa terkendala jarak dan waktu.
4.    Melatih keuletan dan kesabaran karena sebuah tulisan yang baik tentu membutuhkan keuletan dan kesabaran dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat yang saling menyambung dalam alur yang jelas.
5.    Menumbuhkan rasa Percaya Diri dan optimis karena menulis merupakan perpaduan antara kekuatan pikiran, keberanian dan keuletan. Dan Alhamdulillah, semenjak ngeblog mulai terpublish beberapa tulisan dalam bentuk buku [meskipun masih berupa antologi].
6.    Rajin menulis di blog bagi saya juga merupakan media mengendalikan emosi karena dalam proses menulis dibutuhkan emosi kondusif yang dibangun dari awal tulisan, seterusnya rakitan emosi itu terjaga agar tak melemah sehingga eksplorasi kreatifitas mengalir dalam ritme yang dinamis dan punya ‘nyawa’nya.
7.    Dengan ngeblog bisa jadi ‘pelampiasan’ rasa bosan sekaligus menyalurkan stress/jutek karena bisa menuangkan segala uneg-uneg dalam bentuk tulisan sehingga akan mengurangi/mengikis rasa stress yang kita alami. Bukankah menulis juga sarana curhat dan dengan bisa curhat akan membawa energy positif sehingga sesaknya hati bisa dikeluarkan. Puisi-puisi yang saya buat, kebanyakan idenya justru mengalir ketika saya sedang ‘blue emotion’.
8.    Di sadari atau tidak, slowly but sure...ngeblog bisa meningkatan kepekaan social dan rasa emphaty. Jika tidak percaya, silahkan lebih intens lagi blogwalkingnya yaa....hehehee. Dan yang kalah menariknya, ngeblog adalah salah satu pembuka pintu rejeki. Dari ngeblog kan jadi tahu ada banyak event dengan hadiah yang lumayan kan? Iya sih, hadiah hanya bonus. Konteks rejeki yang sebenarnya adalah: tambah ilmu dan teman...nah jika kemudian dapat hadiahnya juga...tentunya makin sesuatu bangettttss...hayyo siapa yang gak setuju?

Demikian beberapa point tentang Enaknya Ngeblog berlaksa nikmat yang bisa saya sebutkan. Namnya juga berlaksa nikmat, tentu tak mungkin bisa semuanya saya sebutkan karena keterbatasan kosa kata...
After all, Bagi saya Ngeblog adalah integritas antara menulis dan membaca yang saling terkait dan melengkapi, ibarat permukaan mata uang logam akan bersisian selalu.



Tulisan Enaknya Ngeblog Berlaksa Nikmat diikutkan pada kontes
Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabah

9 comments:

  1. sepakat dengan semua point serta ulasannya Rie! Ngeblog emang asyik, banyak nilai plus daripada minusnya.... karena udah dini hari, ga sempat komen panjang kali lebar lagi ya say... have a great rest! jangan sp kebablasan sahurnya lho!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...super telat neh Mbak ndaptarnya..gpp lah tetap di posting. Lha ingatnya hanya tanggal DL 25 Juli, ternyata dibatasi sampai jam 15.00.

      Delete
    2. Taking joy in living is a woman's best cosmetic.

      Delete
    3. Think of all the beauty still left around you and be happy.
      SEO Liverpool

      Delete
  2. Meski telat mendaftarkan tulisan, artikel di atas tetap saya baca dan data kok Mbak, siapa tahu nanti ada penambahan hadiah untuk kategori yang sudah membuat tulisan tapi telat memposting, meski hadiahnya ga bisa bebas memilih sebagaimana pemenang lainnya, hehehe…

    Sungguh, terima kasih banyak ya, Mbak Ririe Khayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh…terima kasiihh. Bagi saya bisa menuliskan dan ikutan event-event menulis dan di terima sudah sangat membahagiakan..

      Jadi terima kasiih banget padahal terlambat tapi masih bisa diterima...

      Delete
  3. mbak pak kabar?? semoga sehat sehat..maaf yah masuk moderasi..udah akuk approve komentnya thanks..
    selamat berpuasa mohon maaf lahir dan batin yah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar baiikk Mbak, Alhamdulillah. Iya gpp di moderasi. Comment saya di blog satunya juga pakai moderasi kok

      Selamat menjalankan ibadah puasa juga..maaf lahir bathin jugak

      Delete
  4. Kabar baiikk Mbak, Alhamdulillah. Iya gpp di moderasi. Comment saya di blog satunya juga pakai moderasi kok

    Selamat menjalankan ibadah puasa juga..maaf lahir bathin jugak

    ReplyDelete

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.